Pencarian

Selasa, 13 Juli 2010

Pacu Jalur Baserah Rebut Piala Sukarmis

TELUK KUANTAN (RP) - Selama ini, seremonial pembukaan tradisi pacu jalur di buka pada siang hari. Tetapi lain halnya dengan seremonial pembukaan pacu jalur 2010 di Kecamatan Kuantan Hilir (Baserah) di buka pada malam hari. Ini merupakan sejarah pertama serimonial pacu di buka malam hari di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

‘’Sesuai dengan kesepakatan masyarakat dan panitia pacu jalur, untuk seremonial pembukaannya kita laksanakan Ahad malam ,’’ ungkap Camat Kuantan Hilir M Refendi Zukman SSos yang dikonfirmasi Riau Pos Ahad (11/7).

Dikatakannya, sehingga usai pelaksanaan seremonial pembukaan pacu jalur tingkat Kecamatan Kuantan Hilir yang didanai swadaya masyarakat ini, para pencinta bola bisa langsung menyaksikan pertandingan final Piala Dunia 2010, yang dilangsungkan, Senin (12/7) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Selanjutnya, pelaksanaan pacu jalur di Tepian Lubuk Sobae Baserah, akan dilangsungkan siangnya usai pelaksanaan Salat Zuhur. Pacu jalur Kecamatan Kuantan Hilir ini akan dilaksanakan tiga hari berturut-turut hingga 14 Juli mendatang.

Untuk pembukaan pacu jalur ini, karena tidak termasuk jadwal pacu jalur rayon tingkat kecamatan, maka dirinya yang akan langsung membuka pelaksanaannya. Namun, rencananya Bupati Kuansing H Sukarmis akan menghadiri pembukaannya. ‘’Beliau (bupati-red) akan hadir dalam pembukaan, dan langsung menyaksikan final piala dunia 2010,’’ ujarnya.

Selama jalannya pacuan, diprediksikan ribuan masyarakat Kuansing dari berbagai kecamatan dan pengunjung dari luar akan datang menyaksikannya. Karena itu, pihak kecamatan dan panitia melibatkan pihak kepolisian dan kalangan Pemkab untuk ikut membantu menjaga ketertiban, keamanan dan kelancaran pelaksanaan pacu jalur dan arus lalu lintas.

Pacu jalur Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir ini, sejauh ini diikuti sebanyak 65 jalur. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan piala bergilir H Sukarmis. Untuk hadiah, Refendi Zukman menyebutkan, juara I akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp10 juta ditambah piala bergilir, piala tetap dan tonggol juara, juara II Rp8 juta ditambah piala tetap dan tonggol juara, juara III Rp6 juta ditambah piala tetap dan tonggol juara.

Peringkat IV akan mendapatkan uang pembinaan Rp4 juta di tambah tonggol juara, peringkat V uang pembinaan Rp 2,5 juta di tambah tonggol juara, peringkat VI uang pembinaan Rp1,5 juta di tambah tonggol juara. Peringkat VII sampai X masing-masing mendapatkan uang pembinaan Rp500 ribu ditambah tonggol juara.

Refendi Zukman berharap, pelaksanaan pacu jalur di Kecamatan Kuantan Hilir ini berjalan dengan aman dan lancar. Karenanya, dia meminta dukungan semua pihak, baik panitia, peserta, upika maupun masyarakat pengunjung lainnya.

1 komentar: