Pencarian

Sabtu, 10 Juli 2010


Pacu Godok Percobaan Pacu Jalur
pacu jalur
Satu diantara kesenian rakyat yang cukup popular di rantau kuantan ialah kesenian Jalur. Jalur merupakan sebuah perahu besar panjang, yang bermuatan sekitar 50 orang. Jalur ini dipacukan di Sungai Kuantan. Yang memacukan jalur disebut Anak Pacu. Anak pacu itu ada lima macam; Tukang tari 1 orang, berada dihaluan jalur.

Satu orang Tukang Concang, pengatur kecepatan berkayuh semua anak pacu. 1 orang timbo ruang untuk penimba air yang masuk kedalam jalur serta memberi aba-aba muli berkayuh dan pemberi semangat kepada anak pacu, dua orang Tukang Uwik (juru mudi) dan satu orang Tukang Onjai yang berperanan untuk menggerak-gerakkan kemudi dan haluan jalur, agar jalur melaju dengan cepat. Untuk mengetahui lebih jelas tentang Pacu jalur sobat bisa membaca postingan yang ini Pacu Jalur Khasanah Budaya Kuantan Singingi, baiklah marilah kita lanjutkan ceritan tentang Pacu Godok

Maka, apabila sebuah jalur sudah selesai dibuat dicobakanlah jalur itu melawan jalur lain. Untuk mencobakannya inilah yang diadakan Pacu Godok. Disebut Pacu Godok, karena biasanya setelah selesai uji coba memacukan jalur atau setelah selesai latihan pacu, maka semua Anak Pacu diberi semacam kue yang disebut Godok. Itulah sebabnya pacu uji-coba itu disebut juga Pacu Godok.

1 komentar:

  1. bukannya pacu godok ne adalah kisah awal mulanya terjadipacu jalur,,,apa g' ada berita terkini tentang pacu jalur yang di adakan pada tahun ini,,??misalnya kenapa pacu jalur ne di percepat jadwalnya,,atau acara apa saja yang akan di adakan pada even pacu jalur saat ne,,,????

    BalasHapus